Setelah
memahami makna komunikasi, sampailah kita pada Komunikasi Daring. Istilah
Komunikasi Daring mengacu pada membaca, menulis, dan berkomunikasi melalui /
menggunakan jaringan komputer. (Warschauer, M. 2001 pp. 207-212)
Dengan kata
lain, Komunikasi Daring adalah cara berkomunikasi di mana penyampaian dan
penerimaan pesan dilakukan dengan atau melalui jaringan Internet. Komunikasi
yang terjadi di dunia semu tersebut lazim disebut ko munikasi di dunia
maya atau cyberspace.
Perkembangan
pertama komunikasi daring dimulai pada tahun 1960-an, ketika peneliti
Amerika mengembangkan protokol yang memungkinkan mengirim dan menerima
informasi atau pesan melalui komputer (Hafner & Lyon, 1996). Protokol
tersebut dinamakan ARPANET, yang diluncurkan pada tahun 1969, akhirnya
berkembang menjadi Internet. Internet berasal dari interconnected networks yang
disingkat menjadi Internetwork, atau Internet, yang
digunakan oleh sekitar 200 juta orang di seluruh dunia pada pergantian
millennium ke-3.
Komunikasi
daring menjadi mungkin dalam dunia pendidikan pertama kali pada tahun 1980-an,
setelah pengembangan dan penyebaran komputer pribadi atau PC(personal
computer). Latar belakang komunikasi daring dalam pembelajaran dan
penelitian dapat dibagi menjadi dua periode yang berbeda, ditandai oleh
pengenalan komputer sebagai media pendidikan pada tahun 1980-an dan
munculnya world wide web pada pertengahan 1990-an.
Pada periode
pertama, sejak pertengahan 1980-an para pendidik menemukan potensi media
pendidikan untuk pengajaran bahasa (Cummins, 1986). Integrasi komunikasi yang
dimediasi komputer di dalam kelas itu sendiri dibagi menjadi dua: yang pertama,
beberapa pendidik mulai menggunakan e-mail untuk mengatur
pertukaran informasi jarak jauh, dan yang kedua, pendidik mulai menggunakan
program perangkat lunak sinkron (Daedalus Interchange. Daedalus Inc,
1989) untuk memungkinkan percakapan komputer antarkelas.
Komunikasi daring atau
komunikasi virtual adalah cara berkomunikasi di mana penyampaian dan penerimaan
informasi atau pesan dilakukan dengan menggunakan Internet, atau melalui dunia
maya (cyberspace). Komunikasi virtual pada abad ini dapat
dilakukan di mana saja serta kapan saja. Salah satu bentuk komunikasi virtual
adalah pada penggunaan Internet. Internet adalah media komunikasi yang cukup
efektif dan efisien dengan tersedianya berbagai layanan fasilitas
seperti web, chatting (mIR chat, Yahoo Masanger, Gtalk, dll), e-mail,
friendster, facebook dan twitter. Begitu banyak fasilitas
yang ditawarkan dalam dunia maya untuk melakukan komunikasi, dan keberadaannya
semakin membuat manusia tergantung pada teknologi. Ketergantungan tersebut
dapat dilihat pada maraknya penjualan ponsel dengan harga murah dan tawaran
kelengkapan fasilitas untuk mengakses Internet. Kegemaran berkomunikasi yang
bermedia Internet ini menimbulkan suatu komunitas baru yang disebut komunitas
virtual.
1.Keunggulan dan Kelemahan Komunikasi Daring
Komunikasi daring memiliki beberapa
keunggulan jika dibandingkan dengan komunikasi konvensional, antara lain
sebagai berikut.
Ø Dapat dilakukan kapan saja di mana
saja: dengan komunikasi daring, setiap pengguna dapat melakukan komunikasi di
mana saja dan kapan saja, dengan syarat terkoneksi dengan jaringan internet dan
memiliki sarana yang mencukupi.
Ø Efisiensi biaya: berbeda dengan
komunikasi konvensional, komunikasi daring tidak memerlukan pihak yang
berkomunikasi untuk bertemu tatap muka, dengan komunikasi daring Anda dapat
menghemat biaya transportasi.
Ø Efisiensi waktu: komunikasi dapat
dilakukan dengan cepat tanpa harus membuang waktu dengan melakukan perjalanan.
Pesan komunikasi dapat disampaikan pada saat itu juga dalam hitungan detik
walaupun kedua pihak yang berkomunikasi saling berjauhan.
Ø Terintegrasi dengan layanan TIK
lainnya: sambil melakukan komunikasi daring, Anda dapat memanfaatkan layanan
TIK lainnya untuk mendukung pelaksanaan dan kelengkapan komunikasi tersebut.
Contoh layanan yang dapat digunakan seperti berbagi layar, presentasi, dan dokumen.
Ø Meningkatkan intensitas
berkomunikasi: komunikasi daring mendorong orang yang biasanya diam di dunia
nyata, menjadi aktif saat berkomunikasi di dunia maya.
Ø Meningkatkan partisipasi: dengan
terbukanya jalur komunikasi, akan semakin banyak orang yang dapat
berpartisipasi dalam diskusi.
Selain keunggulan, komunikasi daring
juga memiliki beberapa kelemahan, antara lain sebagai berikut.
Ø Tidak mewakili emosi pengguna:
intonasi bicara, raut muka, gerakan tubuh, merupakan hal yang relatif sulit
untuk dipahami melalui komunikasi daring.
Ø Memerlukan perangkat khusus: dalam
pelaksanaannya, komunikasi daring memerlukan adanya hardware, software.
Ø Terlalu banyak informasi yang tidak
penting: dalam komunikasi daring, seringkali informasi yang didapat menjadi
terlalu banyak, sehingga membuat bingung si penerima.
Ø Menyita konsentrasi: melakukan
komunikasi daring tidak pada tempat dan waktu yang tepat, dapat mengabaikan
atau menunda hal yang lain, bahkan membahayakan orang lain maupun diri sendiri.
Penggunaan
jenis sarana komunikasi akan mempengaruhi keserempakan waktu komunikasi.
Terdapat 2 jenis komunikasi daring.
a. Komunikasi daring sinkron (serempak)
Komunikasi
daring serempak atau komunikasi daring sinkron adalah komunikasi
menggunakan komputer sebagai media, yang terjadi secara serempak, waktu nyata (real
time). Contoh komunikasi sinkron antara lain sebagai berikut:
Ø Text chat
Text chat adalah sebuah fitur, aplikasi,
atau program dalam jaringan Internet untuk berkomunikasi dan bersosialisasi
langsung sesama pemakai Internet yang sedang daring (yang sama - sama sedang
menggunakan Internet). Komunikasi teks dapat mengirim pesan dengan
teks kepada orang lain yang sedang daring, kemudian orang yang dituju membalas
pesan dengan teks, demikian seterusnya. Itulah proses terjadinya text
chatting.
Ø Video chat
Video chat merupakan teknologi untuk
melakukan interaksi audio dan video secara real time antara
pengguna di lokasi yang berbeda. Video chatting biasanya
dilakukan melalui perangkat komputer maupun tablet atau smartphone (juga
disebut telepon video call). Video chatting dapat
berupa interaksipoint-to-point (satu-satu), seperti FaceTime dan
Skype, atau interaksi multipoint (satu-ke-banyak, atau banyak-ke-banyak),
seperti dalam Google+ Hangouts.
Video chatting sering
disalahartikan dengan video conference. Video chatting merujuk
pada komunikasi video di antara dua orang individu (poin to point),
sedangkan video conference mengacu pada komunikasi video di antara
3 pihak atau lebih (multipoint).
b. Komunikasi daring asinkron (tak
serempak)
Komunikasi
daring tak serempak atau asinkron adalah komunikasi menggunakan perangkat
komputer dan dilakukan secara tunda. Contoh komunikasi daring asinkron
adalah e-mail, forum, rekaman simulasi visual, serta membaca dan
menulis dokumen daring melalui World Wide Web.
1.Etika Dalam
berkomunikasi
Berikut di bawah ini adalah beberapa
etika dan etiket dalam berkomunikasi antar manusia dalam kehidupan sehari-hari
:
1. Jujur tidak
berbohong
2. Bersikap
Dewasa tidak kekanak-kanakan
3. Lapang dada
dalam berkomunikasi
4. Menggunakan
panggilan / sebutan orang yang baik
5. Menggunakan
pesan bahasa yang efektif dan efisien
6. Tidak mudah
emosi / emosional
7. Berinisiatif
sebagai pembuka dialog
8. Berbahasa
yang baik, ramah dan sopan
9. Menggunakan
pakaian yang pantas sesuai keadaan
10. Bertingkahlaku
yang baik
2.
Pelaksanaan komunikasi daring
Komunikasi adalah pengiriman dan
penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yg
dimaksud dapat dipahami.Jika anda berbicara sedangkan mita icara anda tidak
mengerti, atau sebaliknya, maka komunikasi belum terjadi.
Data adalah keterangan atau
bahan nyata yang dapat dijadikan dasar kajian (analisis atau kesimpulan).
Informasi adalah data yang
diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerima, yang
menggambarkan suatu kejadian-kejadian yang bersifat fakta yang digunakan untuk
mengambil kesimpulan.
Fungsi komunikasi adalah :
Sebagai informasi
Komunikasi membantu proses penyampaian informasi yang diperlukan individu
dan atau kelompok untuk mengambil keputusan dengan meneruskan data dan menilai
pilihan-pilihan alternatif
Sebagai kendali
Komunikasi bertindak untuk mengendalikan perilaku anggota dalam beberapa
cara, setiap organisasi mempunyai wewenang dan garis panduan formal yang harus
dipatuhi oleh karyawan.
Sebagai motivasi
Komunikasi membantu perkembangan motivasi dengan
menjelaskan para karyawan apa yang harus dilakukan bagaimana mereka bekerja baik
dan apa yang dapat dikerjakan untuk memperbaiki kinerja jika itu di bawah
standar
Pengungkap emosional
Bagi sebagian komunitas, mereka memerlukan
interaksi social, komunikasi yang terjadi di dalam komunitas itu merupakan cara
anggota untuk menunjukkan kekecewaan dan rasa puas. Oleh karena itu, komunikasi
menyiarkan ungkapan emosional dari perasaan dan sebagai alat untuk memenuhi
kebutuhan sosial
Komunikasi data seperti halnya orang yang saling
berkomunikasi, yang melibatkan komponen : pesan, pengirim, media dan penerima.
Dari gambar di atas dapat diambil kesimpulan
bahwa
- Pengirim/sender adalah seseorang yang memiliki gagasan atau pesan yang biasanya memulai percakapan.
- Pesan/message adalah informasi atau gagasan yang dibagikan.
- Media/medium adalah metode atau jalur yang digunakan untuk mengirim pesan.
- Penerima/receiver adalah seseorang yang menerima pesan.
Perbedaan antara komunikasi antara orang dan
komunikasi data adalah adanya komponen tambahan, yang dinamakan dengan
protocol.
Protokol adalah sebuah aturan atau standar yang
mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan
data antara dua atau lebih titik komputer. Protokol dapat diterapkan
pada perangkat keras, perangkat lunak atau kombinasi dari
keduanya. Pada tingkatan yang terendah, protokol mendefinisikan koneksi
perangkat keras.
PENGERTIAN KOMUNIKASI DALAM JARINGAN
(DARING)
Istilah komunikasi dalam jaringan mengacu pada
membaca, menulis, dan berkomunikasi melalui/menggunakan jaringan computer. Komunikasi
dalam jaringan adalah cara berkomunikasi di mana penyampaian dan
penerimaan pesan dilakukan dengan atau melalui jaringan internet. Komunikasi
yang terjadi di dunia semu biasa desebut komunikasi dunia maya atau cyberspace.
Komunikasi dalam jaringan pertama dimulai tahun
1960, di sebuah universitas of Hawaii yang memiliki daerah yang luas dan
berkeinginan untuk menghubungkan computer-komputer yang tersebar di kampus
tersebut. Kemudian Universitas of Hawaii mengembangkan teknologi Ethernet
(perangkat komunikasi pada computer) dengan nama “ALOHA”. Di dalam Ethernet
tersebut ditanam sebuah software yang didalamnya terdapat sebuah protocol yang
pada saat itu disebut dengan nama ARPANET, yang diluncurkan tahun 1969. ARPANET
untuk saat ini sudah berkembang menjadi nama internet yang berasal dari interconnected
network. Penggunaan komunikasi dalam jaringan dalam dunia pendidikan
pertama kali tahun 1980-an ditandai dengan pengenalan komputer sebagai media
pendidikan dan pertengahan tahun 1990 dengan munculnya word wide web.
JENIS KOMUNIKASI JARINGAN
Komunikasi dalam jaringan sinkron
Komunikasi dalam jaringan secara real time
menggunakan komputer sebagai media, disebut dengan komunikasi dalam jaringan
serempak/sinkron. Contoh komunikasi sinkron misalkan aplikasi chat (yahoo
messenger, google talk, MIRc dll), video chat (skype, line, facetime, google+
hangout, dll).
Komunikasi dalam jaringan asinkron
Komunikasi dalam jaringan secara tunda
menggunakan komputer sebagai media, disebut dengan komunikasi dalam jaringan
tak serempak/asinkron. Contoh komunikasi asinkron misalnya aplikasi e-mail,
video streaming, dll).
Komunikasi online lebih mengacu pada membaca,
menulis, berbagi video kamera dan konunikasi melalui jaringan komputer secara
sinkron.
TUJUAN KOMUNIKASI DALAM JARINGAN
- Memungkinkan pengiriman data dalam jumlah besar secara efisien, ekonomis dan tanpa kesalahan.
- Dukungan pengendalian jarak jauh, sehingga memungkinkan pengguna mengendalikan komputer dan perangkat dari jarak jauh.
- Penggunaan komputer secara terpusat ataupun tersebar, sehingga mendukung manajemen dalam hal kontrol, baik desentralisasi ataupun sentralisasi
- Memudahkan pengelolaan, pengaturan pengaturan data antara dua perangkat atau lebih.
KOMPONEN PENDUKUNG KOMUNIKASI DALAM
JARINGAN
Hardware/perangkat keras
Perangkat yang bentuknya dapat dilihat atau
diraba oelh maunusia. contoh : komputer, headset, microphone, dan perangkat
pendukung koneksi internet
Software
Program komputer yang berguna untuk menjalankan
suatu pekerjaan yang dikehendaki. Software digunakan sebagai perantara antara
perangkat keras (hardware) dengan pengguna (brainware).
Brainware
Brainware adalah pengguna software ataupun
hardware untuk berkomunikasi dalam jaringan.
>Andik Riyanto
>X AV 1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar