Rabu, 19 November 2014

Simulasi Visual




BAB VII
·  Simulasi Visual [Type text] Simulasi Visual A. Pengertian Simulasi Visual Simulasi Visual adalah media untuk menyampaikan ide dan konsep dalam bentuk simulasi digital (audio & visual). 1. Jenis Simulasi Visual Jenis simulasi visual di sini secara umum dibagi menjadi 2, yaitu simulasi visual 2D dan simulasi visual 3D. Penggunaannya masing masing jenis tergantung pada tujuan dan kebutuhan. Simulasi visual 2D adalah simulasi dengan dimensi datar, dalam segi teknis simulasi ini dibuat dalam software pengolah grafis 2D animasi, Misalnya : adobe flash, after effect, toonboom dll. Simulasi visual 3D merupakan simulasi dengan memiliki dimensi bentuk ruang dan kedalaman pada objek yang di buat. Software pengolah grafis yang dipakai dalam simulasi 3D misalnya blender, 3dsmax, Lightwave dll. 2. Fungsi Simulasi Visual Simulasi Visual sebagai salah satu alternatif media pembelajaran untuk mempermudah penyampaian konsep / Ide / produk yang bersifat abstrak sehingga menjadi lebih nyata. Contoh Gambar Simulasi Visual Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 183
·  Simulasi Visual [Type text] B. Membuat Simulasi Visual 1. Tahap Praproduksi a. Pencarian Ide dan konsep Ide terkait dengan produk-produk yang dihasilkan berdasarkan bidang yang dipelajari, dipilih yang akan dikomunikasikan melalui simulasi visual. Penentuan ide merupakan langkah awal dalam pembuatan simulasi visual. Oleh karenanya keberhasilan tampilan dan proses pembuatan simulasi visual sangat tergantung kepada penentuan ide terkait dengan produk yang akan ditampilkan.Siswa dianjurkan untuk mengumpulkan referensi dan melakukan riset kecil untuk menjamin kebenaran produk. b. Pembuatan Premis Premis adalah satu pernyataan singkat tentang sesuatu. c. Pembuatan Sinopsis Rangkaian jalan cerita tampilan produk dalam simulasi visual dituangkan dalam bentuk teks yang akan digunakan untuk pedoman membuat simulasi visual. d. Pembuatan Storyboard Storyboard adalah sketsa gambar berbentuk thumbnail yang disusun berurutan sesuai dengan rangkaian jalan cerita. Dengan storyboard siswa dapat mewujudkan sinopsis dalam bentuk gambar kepada orang lain dengan lebih mudah, untuk kepentingan usulan ataupun penjelasan. Contoh : Ilustrasi storyboard Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 184
·  Simulasi Visual [Type text] 2. Tahap Produksi a. Pengenalan Blender dan Instalasi Aplikasi 1) Pengenalan Blender Blender adalah aplikasi grafis 3D yg dirilis sebagai perangkat lunak bebas (open source) di bawah GNU General Public License. Dapat digunakan untuk modeling, UV unwrapping, texturing, rigging, water simulations, skinning, animating, rendering, particle, dan simulations, non-linear editing, compositing, dan membuat interactive 3D applications,termasuk games. Blender tersedia untuk sejumlah OS antara lain: Linux, Mac OS X, dan Microsoft Windows. Features termasuk advanced simulation tools seperti rigid body, fluid, cloth and softbody dynamics, modifier based modeling tools, powerful character animation tools, a node based material and compositing system dan Python untuk scripting. · Sejarah Blender Blender tercipta dari komunitas pecinta animasi dari berbagai latar belakang, mereka beraliansi membuat sebuah software yang free open source dan bebas dikembangkan. Blender di gagas oleh Ton Roosendaal, (belanda) awalnya Ton Roosendaal mendirikan studio animasi (1988-2002) kemudian blender menjadi software shareware animation ditahun yang sama Ton Roosendaal mendirikan blender institute.Sejak periode 2002 sampai sekarang, blender selalu update fitur, interface dan performa-nya, sehingga kemampuan blender untuk digunakan produksi animasi tidak diragukan, terbukti dengan hasil open movie beberapa film keluaran sintel (blender institute). 2) Instalasi Aplikasi Blender · · · Langkah pertama, siapkan installer Blender, atau dapat di download dari link http://www.blenderindonesia.org/. Sesudah download buka aplikasi blender yang sudah anda download. Instalasi aplikasi Blender dan tekan Next. Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 185
·   Simulasi Visual [Type text] · Lalu pilih I Agree. · Setelah itu maka akan keluar Checkbox. Centang semua checkbox tersebut lalu tekan next. Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 186
·   Simulasi Visual [Type text] · · Setalah itu akan keluar tampilan seperti gambar dibawah ini dan pilih install Tunggu proses instalasi sampai selesai lalu tekan finish, jika sudah maka Instalasi Blender anda sudah selesai. Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 187
·   [Type text] Simulasi Visual b . Pengenalan Fitur Secara default, saat membuka aplikasi Blender, tampilan Blender yang akan muncul adalah seperti berikut: Setelah itu klik kiri pada sembarang tempat untuk menampilkan factory settings pada Blender, sehingga akan tampil fitur seperti berikut. • • • • • Header Viewport Toolbar Outliner Properties • Timeline : Menu utama Blender yang terdiri dari File, Add, Render, dan Help. : Tampilan yang terdiri dari objek 3D dan objek lainnya. : Terdiri dari daftar tools yang memiliki sifat dinamis menurut objeknya. : Struktur data dari objek pada Blender. : Panel yang memuat berbagai macam perintah untuk memodifikasi objek atau animasi dan bersifat dinamis mengikuti objek atau tools yang sedang aktif. : Instruksi yang terkait dengan frame animasi atau untuk sequencer. Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 188
·  [Type text] Simulasi Visual 1. Screen Layouts Saat membuka Blender, maka layar akan menampilkan secara default seperti pada gambar di atas. Na- mun, tampilan tersebut dapat diganti sesuai kebutuhan Anda, misalnya kebutuhan. Untuk merancang simulasi visual, siswa dapat memilih layout Animation dan lain-lain. Tool ini berada pada pojok kiri atas layar, masih merupakan bagian dari Main Header. 2. Splitting Windows Splitting windows dalam pembuatan simulasi visual 3D, harus dilakukan karena dalam pemodelan 3D diper- lukan lebih dari 1 window. Splitting windows adalah membagi menjadi 2 windows dalam type yang sama yang dapat dilakukan secara horizontal maupun vertical. Bagaimana caranya melakukan splitting windows? Cukup simpel untuk melaku- kan splitting windows, perhatikan contoh gambar di bawah ini : Arahkan kursor pada sudut window yang dilingkari merah, maka kursor akan berubah menjadi (+) tanda plus. Kemudian klik tombol kiri mouse, lalu tahan dan geser sesuai yang Anda inginkan, seperti gambar di atas. Note : ”Untuk splitting windows secara vertical, sama halnya seperti splitting window secara horizontal, namun pada hasil splitting window secara vertical akan mendapatkan 2 window atas dan bawah” Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 189
· Simulasi Visual [Type text] 3. Changing the Editor Type Ada beberapa jenis “editor” yang secara default tidak ditampilkan oleh Blender, siswa dapat mengganti dengan jenis “editor” lain. 4. Shortcut of Numpad Bagi para pengguna netbook atau laptop disarankan untuk mengaktifkan Emulate Numpad, karena berfungsi untuk menggantikan tombol Numpad, sehingga bisa menggunakan perintah Numpad dengan menekan tombol angka pada keyboard bagian atas. Untuk mengaktifkan Emulate Numpad, bisa langsung menuju File > User Preferences kemudian ikuti langkah seperti pada gambar pada bagian di bawah ini. Berikut ini adalah fungsi angka-angka pada numpad sebagai shortcut: Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 190
·  192. Simulasi Visual [Type text] · · · · · · · · · · · · · [1] Tampak Atas [3] Tampak Kanan [7] Tampak Atas [2] Putar bawah 15 derajat [8] Putar atas 15 derajat [4] Putar Kiri “15derajat” [6] Putar Kanan “15derajat” [5] Orthographic atau Perspektif [0] Camera Perspektif [CTRL][2] Menggeser View Objek Ke atas [CTRL][8] Menggeser View Objek Kebawah [CTRL][4] Menggeser Objek Kesamping Kanan [CTRL][6] Menggeser objek kesamping kiri 5. Snap 3D Cursor Pada dasarnya 3D Cursor digunakan untuk menentukan letak objek, sedangkan Snap merupakan sebuah alat bantu dalam menemukan titik acuan atau yang biasa dilakukan dengan menekan SHIFT+S. Selain itu, Snap juga bisa bisa digunakan saat mentransformasi objek, dengan cara menekan CTRL sambil mentransformasi objek, sehingga objek akan bertranformasi dengan skala tertentu. Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 191
· [Type text] Simulasi Visual 6. Adding Object Add merupakan sebuah menu untuk menambahkan objek pada bidang 3D. Cara menggunakannya, dengan cara menekan SHIFT+A atau memilih menu Add pada header menu. Dalam menambahkan objek pada Blender, siswa akan menemui dua jenis modus, yaitu Object Mode dan Edit Mode. Kedua modus tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Edit Mode digunakan untuk melakukan pengeditan pada objek dengan memilih titik tertentu, sedangkan Object Mode digunakan untuk pengeditan objek secara keseluruhan. Untuk memilih modus Object Mode atau Edit Mode, dapat menekan tombol Tab pada keyboard. Tampilan kedua Mode tersebut seperti pada gambar di bawah ini. 7. Transformation Transformation adalah upaya untuk menggeser atau memutar atau mengubah ukuran objek. Dasar transformasi dalam Blender, meliputi: ~ Grab / Move : menggeser objek dengan menekan tombol [G] ~ Rotation : memutar objek dengan menekan tombol [R] ~ Scale : menskala (memperbesar atau memperkecil) objek dengan menekan tombol [S] Untuk mentransformasikan objek berdasarkan sumbu ( x, y, z ), siswa dapat menggunakan shortcut keyboard, misalnya: Grab / Move [G] ~ [G]+[X] : objek akan geser pada sumbu X. ~ [G]+[Y] : objek akan geser pada sumbu Y. ~ [G]+[Z] : objek akan geser pada sumbu Z. ~ [G]+[Shift]+[X] : objek akan geser pada sumbu Y dan Z karena sumbu X telah dikunci untuk tidak berubah. Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 192
·   Simulasi Visual [Type text] c. Modelling Character atau Object Pemodelan adalah upaya mewujudkan objek sebagai bentuk ide yang akan dikomunikasikan. Dalam buku ini modeling di contohkan dalam pembuatan kursi seperti di bawah ini. Langkah pemodelan adalah sebagai berikut: 1. Buka aplikasi blender, muncul tampilan awal seperti berikut. 2. Ubah viewport menjadi Front Ortho Dengan memilih : User User Preference Input Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 193
·  Simulasi Visual [Type text] kemudian centang Emulate Numpad Save As Default Lalu (tekan 1 = front dan tekan 5 = orthogonal). Gunakan scroll mouse untuk melakukan zoom in/out atau bisa juga dengan menggunakan tanda +/- pada viewport. 3. Lakukan Spliting Arahkan cursor mouse pada sudut window seperti yang ditunjukkan pada tanda lingkaran merah, Kemudian [klik kiri] mouse, tahan dan geser viewport hingga membelah menjadi dua. 4. Ubahlah viewport sebelah kanan menjadi Right Ortho dengan menekan [3]=(View Right). Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 194
·Simulasi Visual [Type text] 5. Tekan [A] untuk menghilangkan seleksi pada objek. Sebelum menekan [A] Setelah menekan [A] 6. Untuk mengedit objek menjadi sebuah kursi, ubahlah mode pilihan Object Mode Edit Mode 7. Setelah masuk ke Edit Mode, buatlah bagian dudukan sebuah kursi dengan mengecilkan objek mengikuti sumbu Z dengan menekan [S]=(Scale) lalu tekan [Z]=(Sumbu Z). Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 195
·   [Type text] Simulasi Visual 8. Selanjutnya ubahlah salah satu viewport menjadi view Top Ortho dengan menekan angka [7]=(View Top) pada keyboard. 9. Geser cursor mouse ke sisi objek, kemudian tambahkan garis baru dengan menekan [CTRL+R], Lalu akan muncul garis baru berwarna ungu. Seperti gambar di bawah ini. 10. Geser garis berwana ungu tersebut ke sisi objek seperti gambar di bawah. Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 196
·  Simulasi Visual [Type text] 11. Lakukan penambahan garis baru lagi dengan menekan [CTRL+R], geser garis baru tersebut hingga seperti gambar di bawah ini. 12. Buatlah garis baru tetapi dengan arah yang berbeda, seperti gambar di bawah ini. 13. Ubahlah pilihan menjadi Face select 14. Ubahlah viewport menjadi View Bottom Ortho dengan menekan [CTRL+7] pada Keyboard. Seleksi 4 bagian pada objek untuk membukaki kursi dengan menekan [Shift] lalu tahan dan [klik kanan] untuk seleksi 4 bagian tersebut. Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 197
· [Type text] Simulasi Visual 15. Ubahlah kembali viewport menjadi View Front Ortho dengan menekan [1]= (View Front), kemudian extrude ke bawah dengan menekan [E]=(Extrude), tekan [Z]=(Sumbu Z) untuk membuat bagian kaki kursi. 16. Ubahlah View menjadi View Top Ortho dengan menekan angka [7] =(View Top) pada keyboard, Seleksi 2 bagian atas kursi untuk membuat sandaran kursi dengan menekan [Shift] lalu tahan, kemudian [klik kanan] pada bagian kursi. 17. Tekan [Scroll+Drag]>> Free Panning, extrude bagian tersebut keatas dengan menekan [E] = ( Extrude) lalu tekan [Z ]=( Sumbu Z ). Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 198
· Simulasi Visual [Type text] 18. Extrude kembali 2 bagian tersebut ke atas dengan menekan [E]=(Extrude) seperti gambar di bawah ini. 19. Tekan [A] untuk unselect. seleksi 2 bagian kanan dan kiri sandaran dengan menekan [Shift] lalu tahan, kemudian [klik kanan] pada bagian kursi. 20. Tekan [ X ] pilih Face kemudian hapus bagian sandaran. Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 199
·  Simulasi Visual [Type text] 21. Hubungkan bagian kursi yang hilang dengan menyeleksi rusuk bagian kanan dan kiri kursi yang berhadapan dengan mengubah pilihan seleksi menjadi Edge select 22. Kemudian tekan [ F ] untuk menggabungkan bagian yang telah terseleksi, seperti gambar di bawah ini. 23. Lakukanlah dengan langkah yang sama untuk menghubungkan bagian-bagian yang belum terhubung hingga semua bidang menutup. ` Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 200
·   Simulasi Visual [Type text] 24. Tekan[ F12 ] untuk melihat preview gambar. d. Texturing Texturing adalah proses pemberian karakteristik permukaan benda termasuk warna pada object. Berikut langkah-langkah texturing pada modeling kursi. 1. Langkah pertama, carilah file gambar texture kursi, seperti di bawah ini. Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 201
·  Simulasi Visual [Type text] 2. Selanjutnya buka file modeling kursi yang akan diberikan texture. 3. Ubahlah pilihan Object Mode Edit Mode. Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 202
·   Simulasi Visual [Type text] 4. Tekan [ A ] All Selection untuk menseleksi keseluruhan objek yang akan di berikan texture. 5. Selanjutnya tekan [ U ] pilih Unwrap. Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 203
·  205. Simulasi Visual [Type text] 6. Ubahlah menu tampilan Default UV Editing. 7. Setelah memilih UV Editing, tampilan akan berubah menjadi seperti gambar di bawah ini. 8. Masukan file gambar texture kursi pada tampilan UV Editing dengan memilih Image Open Image. Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 204
·  206. [Type text] Simulasi Visual 9. Cari dan pilihlah file gambar texture kursi tersebut kemudian pilih Open Image. 10. File gambar tersebut akan muncul pada tampilan UV Editing, seperti gambar di bawah ini. Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 205
·  207. Simulasi Visual [Type text] 11. Kemudian ubahlah kembali menu tampilan UV Editing menjadi tampilan sebelumnya Default. Tampilan Default 12. Selanjutnya ubahlah pilihan Solid Texture ` Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 206
·  208. Simulasi Visual [Type text] 13. Berikutnya ada beberapa tahap yang harus diperhatikan dalam finishing texture dan pemberian material, pilih Menu Texture pada Panel Properties. 14. Selanjutnya ubahlah pengaturan Type pada menu texture, None movie. Image or Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 207
·  209. Simulasi Visual [Type text] 15. Pilih Open untuk memasukan file gambar texture kursi ke dalam Menu Texture. 16. Cari dan pilihlah kembali file gambar texture kursi tersebut. Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 208
·  210. Simulasi Visual [Type text] 17. Kemudian muncul gambar texture kursi tersebut pada Preview di menu texture, seperti gambar di bawah ini. 18. Lakukanlah scroll down dan ubahlah Coordinates dari Generate UV. Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 209
·  211. Simulasi Visual [Type text] 19. Berikutnya pilihlah Menu Material pada Panel Properties kemudian pilih Assign. 20. Ini adalah hasil dari modeling objek kursi yang telah diberikan texture dan material. Tekan [F12] untuk melihat hasil render. Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 210
·  212. Simulasi Visual [Type text] e. Setting Environtment Setting Environment merupakan pengaturan objek pendukung seperti background dan pencahayaan. 1. Langkah yang pertama, tambahkanlah objek baru sebagai alas kursi dengan memilih Add Mesh Plane. 2. Akan muncul objek baru seperti gambar di bawah ini yang berbentuk persegi yang akan di jadikan alas kursi. Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 211
·  213. Simulasi Visual [Type text] 3. Besarkan objek tersebut dengan menekan [S] = (Scale), kemudian geser tempatkan posisi persegi tersebut di bawah objek kursi seperti gambar di bawah ini. 4. Berikan cahaya dengan memilih Add Lamp Sun. 5. Akan muncul cahaya lampu kemudian tempatkan cahaya tersebut di atas objek kursi seperti gambar di bawah ini. Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 212
·  214. Simulasi Visual [Type text] 6. Berikutnya pilih World pada Menu Properties. 7. Centang Field box Blend Sky pada panel World, kemudian ubahlah warnanya menjadi putih seperti gambar di bawah ini. 8. Centang Field Box pada Environment Lighting. Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 213
·  215. Simulasi Visual [Type text] 9. Berikutnya masuk ke tahap pengambilan gambar, tekan [N] pada Viewport kemudian centang Field Box Lock Camera to View. 10. Klik Menu View kemudian pilih Camera untuk melihat pengambilan camera pesp, kemudian carilah posisi objek yang pas seperti gambar di bawah ini. 11. Tekan [F12] untuk melihat hasil Render Image. Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 214
·  216. Simulasi Visual [Type text] f. Menganimasikan Menganimasikan adalah proses perubahan skala, rotasi dan atau posisi objek dari frame per frame sehingga menimbulkan ilusi gerak. Buatlah sebuah objek yang memiliki beberapa bagian. Pada kasus Motion Animation ini dipilih bentuk objek yang menggabungkan bagian-bagian suatu objek menjadi kesatuan tang utuh. Pada contoh ini digunakan objek berupa microscope. 1. Menganimasikan menggunakan Timeline sebagai Instruksi terkait dengan frame animasi atau disebut juga sequencer. 2. Contoh objek microscope yang siap di animasikan. Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 215
·  217. Simulasi Visual [Type text] 3. Pisahkan bagian susunan objek, seperti gambar di bawah ini. 4. Aktifkan Automatic Keyframe pada timeline, yang berfungsi untuk merekam setiap gerakan pada objek. 5. [ klik ] pilihan Active Keying dan ubahlah pilihan menjadi LocRotScale 6. Sesuaikanlah frame dengan kebutuhan yang diperlukan, dalam tutorial ini hanya menggunakan frame Start : 1 I End : 80 Terbagi menjadi 4 tahap, yaitu pada frame 20, 40, 60 dan frame 80. Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 216
·  218. Simulasi Visual [Type text] 7. Bagian yang telah dipisahkan kemudian dapat diseleksi dengan menekan keyboard, seperti gambar dibawah ini. [A] pada 9. Buatlah insert keyframe baru pada frame awal dengan menekan [ i ], maka akan muncul garis berwarna kuning sebagai tanda timeline telah merekam pergerakan/perubahan posisi objek. 10. Langkah pertama, geser garis timeline ke frame 20. Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 217
·  219. Simulasi Visual [Type text] 11. Pindahkan bagian meja objek microscope. Seleksi semua objek dengan menekann [A], tekan [i] untuk memasukkan/insert keyframe baru pada frame 20, hingga muncul garis berwarna kuning pada Timeline. 12. Langkah kedua, geser garis warna hijau pada timeline ke frame 40. Pindahkan microscope hingga tersambung bagian tabung, lensa dan pegangan microscope. 13. Seleksi semua objek dengan menekan [ A ] untuk all select, lalu tekan [ i ] untuk memasukkan/insert keyframe baru pada frame 40. Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 218
·  220. [Type text] Simulasi Visual 14. Langkah ketiga, geser garis hijau pada timeline ke frame 60, Geser bagian lensa okuler ke bagian tabung lensa. Berikan efek berputar pada saat proses penyambungan dengan menekan [ R ] 15. Seleksi kembali semua objek dengan menekan [ A ], lalu tekan [i] untuk memasukkan/insert keyframe baru pada frame 60. 16. Langkah keempat. Geser garis hijau pada timeline ke frame 80. Geser bagian microscope yang belum tersambung dengan pegangan microscope. Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 219
·  221. [Type text] Simulasi Visual Berikan efek berputar pada saat proses penyambungan dengan menekan [ R ] 17. Seleksi semua objek dengan menekan [ A ], kemudian menekan [ i ] untuk membuat keyframe baru pada frame 80. 18. Tekan Play animation pada timeline untuk memutar hasil rekaman, dan tekan Pause animation untuk menghentikannya. Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 220
·  222. Simulasi Visual [Type text] g. Rendering Awal Rendering Awal adalah render style Image. Bukalah menu render untuk menentukan jenis output gambar yang akan digunakan. Digunakan untuk memilih direktori mana kita akan menyimpan hasil render. Untuk mengubah tujuan direktori, klik gambar folder. Digunakan untuk memilih hasil output render. Setelah memilih hasil output gambar sesuai kebutuhan lalu klik tombol Image pada menu Render atau dapat menggunakan shortcut dengan menekan [ F12 ]. h. Editing dan Fixing Jendela Video Editing Pada blender terdapat cara untuk meng-edit video, untuk menampilkan jendela video editing pilihlah jen- dela video editing seperti pada gambar di bawah ini Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 221
·  223. Simulasi Visual [Type text] Setelah diklik video editing, maka akan tampil jendela video editing seperti pada gambar di bawah ini. Bagian jendela nomor 1 berfungsi untuk melihat preview video yang kita edit, sedangkan bagian jendela nomor 2 untuk menampilkan sequence video. Shift A berguna untuk menampilkan add, sesuai pada gambar di bawah. • • • • • Scene digunakan untuk menambahkan scene ke dalam sequnece Movie digunakan untuk menambahkan video ke dalam sequence Image digunakan untuk menambahkan gambar ke dalam sequence Sound digunakan untuk memasukkan suara ke dalam sequence Effect Strip akan dibahas tersendiri kemudian. Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 222
·  224. Simulasi Visual [Type text] i. Memilih Image Memilih image merupakan langkah penting karena kita akan menampilkan gambargambar yang telah dirender image. Pilih file image dengan format png , setelah itu tekan A untuk memblok seluruh gambar dan klik add image strip. Gambar yang kita tambahkan tadi akan muncul menjadi seperti Strips video yang tampil pada sequence editor. Cara mudah untuk memindahkan strip langsung ke frame 0, bisa dengan mengarahkan garis yang diling- kari merah seperti pada gambar di bawah, ke frame 0 dengan seleksi strip tekkan Shift S(Snap). j. Transition Transisi dibutuhkan agar tidak terjadi efek jumping pada video. Untuk mendapatkan efek halus pada video, dapat digunakan effect strip. Gunakan effect stip Gamma Cross Langkah awal yang kita lakukan dengan menyeleksi strip ke-2. Kemudian geser hingga kedua strip saling bertindih dengan strip ke-1, seperti pada gambar di bawah. Seleksi kedua strip dengan menekan Shift A(add), pilih Gamma Cross. Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 223
·  225. Simulasi Visual [Type text] k. Mixing Mixing merupakan tahap koreksi, membuang, mengelola dan menambahkan efek hingga memilih sound yg diinginkan. Tekan Shift A(add) lalu masukan sound. l. Rendering Akhir Rendering adalah proses akhir dari keseluruhan proses pemodelan ataupun animasi computer. Dalam rendering, semua data yang telah dibuat diterjemahkan dalam bentuk output (tampilan akhir pada model dan animasi). Setelah melakukan proses animasi, dilakukan kegiatan merender animasi. Proses render animasi bisa dilaku- kan dengan dua cara, yaitu merender animasi menjadi gambar dan merender animasi menjadi video. Klik menu Render pada side bar yang terdapat pada Blender. Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 224
·  226. Simulasi Visual [Type text] Hasil render dapat di setup sesuai dengan kebutuhan. Untuk mempermudah proses merender, dapat dilaku- kan merender gambar terlebih dalam bentuk output .png ataupun .jpg. Hasil render dalam bentuk gambar ini nantinya akan digunakan untuk melakukan render video. Lakukan setting pada ukuran output yang akan dihasilkan. Gunakan ukuran default yaitu TV PAL 4:3. Klik Render Present TV PAL 4:3 Bukalah menu render untuk menentukan jenis output gambar yang akan digunakan. Digunakan untuk memilih direktori mana kita akan menyimpan hasil render. Untuk mengubah tujuan direktori, klik gambar folder. Digunakan untuk memilih hasil output render. Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 225
·  227. [Type text] Simulasi Visual Proses merender dilakukan karena semua proses editing video telah selesai. Sehingga proses ini menghasil- kan format AVI. Ganti window type menjadi properties, kemudian pilih bagian render sehingga akan muncul menu-menu yang digunakan untuk setting render. m. Setup Sebenarnya kegiatan Setup sama dengan saat kita merender animasi biasa, tetapi ada sedikit perbedaan- nya, yaitu dengan mengaktifkan Sequencer pada menu Render -Post Processing – Render seperti gambar di bawah ini. Dengan aktifnya menu tersebut, Blender akan merender semua yang ada di-sequencer-nya. Kemudian setting output dari file yang dirender dengan format/ekstensi tertentu (misal : *.avi). Bukalah menu render– output disitu kita disediakan beberapa menu antara lain. Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 226
·  228. Simulasi Visual [Type text] Kemudian setting video dengan ekstensi *.avi DV Kemudian tekan render animation dengan shortcut Ctrl F12 atau dengan menekan tombol animation. Tunggu hingga proses rendering selesai. Sebelum merender hendaknya save terlebih dahulu. n. Kemasan Kemasan adalah kegiatan penempatan produksi ke dalam wadah dengan segala jenis material lainnya, diantaranya meliputi cover design dan kemasan dalam bentuk CD/DVD. Contoh kemasan dalam bentuk cover design dan cover CD/DDVD. Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 227
·  229. [Type text] Simulasi Visual Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 228
·  230. [Type text] Simulasi Visual C. PENUTUP Buku ini bertujuan menyajikan informasi dan memandu atau memberikan tuntunan kepada pembaca untuk melakukan apa yang disampaikan di dalam buku. Sebuah buku panduan dikatakan berhasil apabila panduan yang disampaikan di dalam buku tersebut dapat dipahami dan diterapkan dengan baik oleh pembacanya. Buku “Simulasi visual” ini dimaksudkan untuk memberikan wawasan serta hal baru kepada para pembaca untuk membuat media pembelajaran berbasis animasi 3D sebagai media alternatif dalam menyampaikan materi ajar. Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 229
·  231. Buku Digital BAGIAN V BUKU DIGITAL Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 230
·  232. Buku Digital Buku Digital A. PENGENALAN DIGITAL BOOK Buku digital, atau disebut juga e-book merupakan sebuah publikasi yang terdiri dari teks, gambar, maupun suara dan dipublikasikan dalam bentuk digital yang dapat dibaca di komputer maupun perangkat elektronik lainnya. Sebuah buku digital biasanya merupakan versi elektronik dari buku cetak, namun tidak jarang pula sebuah buku hanya diterbitkan dalam bentuk digital tanpa versi cetak. Buku digital B. JENIS – JENIS BUKU DIGITAL Format buku digital beragam, mulai dari format yang didukung oleh perusahaan besar (PDF oleh adobe, swf oleh flash, doc oleh Word) dan berbagai format lainnya yang didukung oleh perangkat maupun pembaca buku digital tertentu. Pada tahun 1990 dikembangkan pula format open e-book yang memungkinkan publisher dan pengembang software untuk menggunakan satu format yang dapat dibaca di perangkat manapun dan menggunakan berbagai software pembaca buku digital. Berikut beberapa Format yang tersedia untuk buku dalam format digital § AZW - Sebuah format proprietary Amazon. Hal ini menyerupai format MOBI kadangkadang dengan dan kadang-kadang tanpa menyertakan Digital Rights Management (DRM). DRM pada format ini dikhususkan untuk Kindle Amazon. § EPUB Format terbuka didefinisikan oleh Forum Open digital book dari International Digital Publishing Forum (<idpf>). Hal ini mengacu kepada standar XHTML andXML. Ini adalah standar yang sedang berkembang. Spesifikasi untuk EPUB dapat ditemukan di situs web IDPF. Adobe, Barnes & Noble dan Apple semua memiliki DRM mereka sendiri Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 231
·  233. Buku Digital untuk format ini yang tidak kompatibel antara satu dengan yang lainnya. Saat ini sudah ada versi baru dari format ini disebut ePub 3 tetapi belum digunakan secara luas. § KF8 -Format Kindle Fire dari Amazon. Hal ini pada dasarnya ePub disusun dalam pembungkus PDB dengan Amazon DRM. Format ini diharapkan untuk digunakan bagi pembaca digital book dari Amazon lainnya. § MOBI – Format MobiPocket, ditampilkan menggunakan perangkat lunak membaca sendiri MobiPocket yang tersedia pada hampir semua PDA dan Smartphone. Aplikasi Mobipocket pada PC Windows dapat mengkonversi. Chm, doc,.. Html,. OCF,. Pdf,. Rtf, dan. Txt file ke format ini. Kindle menampilkan format ini, juga. § PDB - Palm File Database. Dapat menyertakan beberapa format digital book yang berbeda yang ditujukan untuk perangkat berbasiskan sistem operasi Palm. Pada umumnya digunakan untuk buku digital berformat PalmDOC (AportisDoc) dan format eReader juga dan banyak lainnya. § PDF - Portable Document Format yang diciptakan oleh Adobe untuk produk Acrobat mereka. Ini secara tidak langsung merupakan format yang digunakan untuk untuk pertukaran dokumen. Dukungan perangkat lunak untuk format ini hampir mencakupi semua platform komputer dan perangkat genggam. Beberapa perangkat memiliki masalah dengan PDF karena kebanyakan konten yang tersedia akan ditampilkan baik untuk format A4 atau surat, yang keduanya tidak mudah dibaca ketika diperkecil sesuai layar kecil. Beberapa aplikasi pembaca buku digital dapat menyusun ulang tampilannya beberapa dokumen PDF, termasuk Sony PRS505, untuk mengakomodasi layar kecil. Beberapa aplikasi pembaca buku digital, termasuk Iliad IREX, memiliki fitur pan-dan-zoom yang membantu mudah dibaca. § PRC - Palm Resource File. Sering menyertakan e-book Mobipocket tapi kadang-kadang menyertakan eReader atau e-book AportisDoc. § TPZ - Topaz file extension yang digunakan pada Amazon Kindle. Topaz adalah pengatur layout yang berguna untuk mengatur pada halaman, bersama dengan versi teks OCR. Format proprietary dari Amazon, digunakan untuk membuat buku-buku tua dengan cepat, karena proses konversi pada dasarnya otomatis dari scan halaman dari sebuah buku, tetapi dengan kelebihan yaitu penyusunan teks (reflows) yang sangat baik. § HTML - Hyper Text Markup Language adalah tulang punggung dari World Wide Web. Banyak teks yang didistribusikan dalam format ini. Selain itu, beberapa pembaca e-book mendukung Cascading Style Sheets (CSS) yang pada dasarnya gaya utama panduan untuk halaman HTML. § CHM - Compressed HTML, sering digunakan untuk file bantuan Windows. Hal ini telah menjadi sangat populer untuk distribusi teks dan bahan pendukung lainnya melalui Web. Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 232
·  234. Buku Digital § XHTML - versi khusus dari HTML dirancang agar sesuai dengan aturan konstruksi XML. Ini adalah format standar untuk data epub. § XML - tujuan umum markup language untuk pertukaran data. Dalam konteks digital book umumnya terbatas pada XHTML dan RSS feed meskipun beberapa format lain yang telah ditetapkan. § Untuk lebih lengkapnya dapat diakses pada laman berikut http://wiki.mobileread.com/wiki/E-book_formats C. FUNGSI DAN TUJUAN BUKU DIGITAL A. Fungsi 1. sebagai media belajar yaitu dapat meningkatkan produktivitas belajar. Proses pembelajaran tidak lepas kaitannya dengan sumber belajar yang berupa bukubuku bacaan seperti buku digital. Buku digital juga sebagai referensi yang tidak terbatas, jadi tidak terpaku pada satu sumber belajar. 2. Sebagai alat bantu pendidik dalam mengefektifkan dan mengefisienkan waktu pembelajaran. Pendidik repot jika harus membawa banyak buku bacaan dalam bentuk fisiknya yang berat. Buku digital yang berupa data digital sangat mudah untuk dibawa dalam banyak file, sehingga pendidik tidak kehabisan bahan belajar untuk peserta didik. B. Tujuan 1. Buku digital dapat mengurangi beban pendidik dalam menyajikan informasi, informasi yang diberikan melalui E-book lebih konkret dan memungkinkan pembelajaran besifat induvidual sebab tidak tergantung pada informasi yang diberikan pendidik, peserta didik dapat belajar sesuai dengan kebutuhan, kemampuan, bakat dan minatnya, pembelajaran lebih terarah, dapat memberikan pengetahuan langsung hasil dari membaca, memungkinkan pemberian informasi yang lebih luas kepada pesertadidik. Buku digital juga sangat membantu untuk proses belajar diluar kelas atau dirumah. Peserta didik yang memiliki akses internet di rumah bisa mengunduh buku digital dari situs atau bisa juga cari akses internet gratis di area hotspot. Karakteristik peserta didik yang haus akan pengetahuan menjadikan materi yang disampaikan pendidik itu kurang, bisa dianalogikan sayur tanpa garam. Buku digital berperan sebagai penunjang materi tambahan pengetahuan, buku digital menjadi garam dalam sayur. Pengetahuan peserta didik akan lebih kompleks dari pemanfaatan buku digital. Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 233
·  235. Buku Digital D. PEMILIHAN FORMAT DIGITAL BOOK Pertimbangan pemilihan format digital book yang akan digunakan pada panduan ini mengacu kepada beberapa hal, yaitu: Memanfaatkan ketersediaan perangkat. Jumlah ketersediaan perangkat pendukung yang ada (contohnya: telefon seluler) di Indonesia. Jumlah pegguna telefon seluler diperkirakan sekitar 180 juta pelanggan yang sudah terhubung. Jumlah tersebut belum merepresentasikan berapa banyak pengguna tablet, smartphone, featurephone ataupun sebagai modem, oleh sebab itu pada bab berikutnya disampaikan aplikasi yang dapat digunakan untuk membaca format buku digital. Ukuran tampilan aplikasi pembaca digital book. Format PDF tidak akan menjadi masalah apabila dibaca menggunakan computer maupun laptop namun karena ditujukan untuk perangkat bergerak/ telefon seluler yang memiliki ukuran layar yang bervariasi, maka diperlukan format yang dapat menyesuaikan dengan tampilan layar. Format yang didukung secara luas. Penggunaan format yang hanya mendukung satuperangkat tertentu akan membuat ketergantungan kepada satu teknologi pendukung saja. Dalam hal pemilihan format perlu dipertimbangkan adalah menggunakan format yang mendapat dukungan secara luas, baik untuk pembuatannya maupun aplikasi pembacanya. Untuk menyediakan solusi dari pertimbangan - pertimbangan diatas, maka diputuskan untuk menggunakan format EPUB. Format EPUB mendukung penyesuaian tampilan teks sesuai dengan ukuran layar kecil untuk perangkat tertentu. Pada format EPUB 3.0 sudah dimungkinkan untuk menyertakan fitur audio maupun video serta animasi ke dalam buku digital. E. EPUB Epub (electronic publication) merupakan salah satu format digital book yang merupakan format standardisasi bentuk, diperkenalkan oleh International Digital Publishing Forum (IDPF) pada Oktober 2011. Epub menggantikan peran Open eBook sebagai format buku terbuka. Epub terdiri atas file multimedia, html5, css, xhtml, xml yang dijadikan satu file dengan ekstensi .epub Format epub merupakan salah satu format buku digital yang paling populer saat ini, sebagai format yang tidak mengacu kepada salah satu pengembang tertentu, membuat format ini dapat dibaca di berbagai perangkat, seperti: komputer (AZARDI, Calibre, plugin firefox, Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 234
·  236. Buku Digital plugin google chrome), Android (FBReader, Ideal Reader), iOS (ireader), Kobo eReader, Blackberry playbook, Barnes and Noble Nook, Sony Reader, dan berbagai perangkat lainnya. Berbagai kelebihan epub yang ditawarkan telah menjadikan epub sebagai salah satu format buku digital yang paling banyak digunakan, fitur-fiturnya antara lain: F. Format terbuka dan gratis Berbagai pembaca epub yang telah tersedia di berbagai perangkat Berbagai software pembuat epub telah tersedia Support untuk video dan audio Reflowable (word wrap), dan pengaturan ukuran text Support untuk DRM Styling CSS PERSIAPAN BAHAN AJAR Document awal yang dibutuhkan untuk pembuatan buku digital adalah HTML dan pdf. Untuk mengkonversi HTML menjadi buku digital menggunakan sigil sedangkan pdf menggunakan perangkat lunak calibre.Buku digital ini menggunakan format file epub.Proses pengembangan epub dapat dilakukan dengan lebih mudah jika materi bahan ajar telah dipersiapkan terlebih dahulu, berikut adalah persiapan beberapa bentuk bahan ajar yang akan digunakan dalam buku digital. A. DOKUMEN WORD Sebelum siap digunakan dalam epub, terdapat beberapa penyesuaian yang harus dilakukan pada dokumen word peserta: B. GAMBAR Rubah semua pengaturan layout gambar menjadi inline with text, Klik kanan gambar -> Wrap text -> In Line with Text. Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 235
·  237. Buku Digital Gambar yang tidak inline with text akan ditampilkan tidak pada tempatnya atau bahkan menghilang - Rubah semua smart object termasuk equation menjadi gambar, tekan tombol print screen -> paste di paint. Semua smart object akan dihapus. C. TABEL Penampilan tabel dalam epub harus diperhatikan, dikarenakan penampil epub yang beragam baik dari sisi perangkatnya maupun software yang digunakan. Tampilkan informasi secukupnya pada tabel, dan potong kolom sesuai kebutuhan jika dirasa data yang ditampilkan terlalu panjang. Untuk pengaturan lebar tabel, buatlah menjadi relative, untuk melakukannya pada Ms. Word: tempatkan kursor dalam sel tabel dan klik kanan.Sebuah jendela pop-up akan muncul dan pilih Table Properties. Centang preffered width pada tab table, kemudian rubah properti measure in menjadi percent, dan terakhir rubah lebar menjadi 100%. Hal ini akan memastikan tabel ditampilkan selebar layar pada semua perangkat pembaca epub nantinya. Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 236
·  238. Buku Digital D. VIDEO Seringkali materi pembelajaran memerlukan penjelasan yang lebih detail daripada sekedar teks dan gambar, video merupakan salah satu sumber belajar yang relatif mudah untuk dibuat ataupun dicari di internet. Format video yang didukung oleh epub adalah mp4, sehingga format video lainnya harus dirubah menjadi format mp4. Dalam kasus ini, kita akan menggunakan software Format Factory. Penggunaan format factory cukup mudah, dari halaman awal, pilih video -> all to mp4, add file, kemudian pilih video yang ingin dirubah menjadi format mp4. G. PENGEMBANGAN EPUB Proses pengembangan epub dapat dilakukan dengan lebih mudah jika materi bahan ajar telah dibuat dalam format word terlebih dahulu. Terdapat 3 tahap pengembangan epub yang akan kita bahas dalam bab ini: Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 237
·  239. Buku Digital A. KONVERSI WORD KE HTML Sebelum dirubah menjadi HTML, pastikan dokumen tersebut telah disiapkan sesuai bab B.1 di atas. Pastikan gambar sudah dalam format inline with text, tabel sudah dirubah presentasi lebarnya, dan semua smart object dirubah menjadi bentuk gambar.Setelah semua itu dilakukan, simpan dokumen menjadi html dengan cara File -> Save as-> Web Page, filtered. Pastikan yang dipilih adalah tipe web page, filtered. Web page akan menghasilkan output .html yang memiliki sintaks yang tidak biasa digunakan pada halaman web. B. KONVERSI PDF KE EPUB Buka aplikasi Calibre dan klik Add books. Sebuah jendela pop-up akan tampil untuk mengarahkan anda untuk memilih file PDF yang Anda buat. Pilih file tersebut lalu klik Open file tersebut akan ditambahkan ke dalam calibre. Jendela Pop-Up untuk memilih file HTML pada Calibre Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 238
·  240. Buku Digital Mengkonversi files Anda Pilih fi le Anda dan klik Convert E-books. Pada jendela pop-up yang muncul di drop down box di sisi kanan pastikan bahwa Output format yang dipilih adalah sebagai EPUB. Jendela Pop-Up untuk menkonversi file PDF ke ePub Pilih tab EPUB Output dan tandai(centang) kotak Do not split on page breaks dan No default cover.Kemudian pilih OK Jendela Pop-Up untuk menyesuaikan konfi gurasi output ePub Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 239
·  241. Buku Digital Hal tersebut merupakan langkah-langkah mengubah(konversi) ePub dari file PDF. C. yang Anda butuhkan untuk menyusun dan PENGOLAHAN EBOOK DI SIGIL Sigil merupakan sebuah software editor untuk epub yang bersifat open source. Untuk mengunduh sigil anda dapat mengakses websitenya di https://code.google.com/p/sigil/. Beberapa fitur dari sigil adalah: - Gratis dan Open Source dengan lisensi GPLv3 Multiplatform: dapat dijalankan di Windows, Linux dan Mac Multiple view: Book view, Code View dan Preview Dapat langsung mengedit tampilan epub di book view Generator daftar isi dengan support untuk heading multi-level Editor metadata Semenjak versi 0.7.0 Sigil juga sudah mendukung import file video dan audio. Dalam tutorial kali ini kita akan menggunakan sigil versi 0.7.3. Tampilan awal sigil Panel sebelah kiri merupakan file browser untuk file-file yang terdapat di dalam epub, panel tengah merupakan editor, dan panel sebelah kanan untuk daftar isi dari dokumen epub yang sedang dikerjakan. Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 240
·  242. Buku Digital D. MEMASUKKAN HALAMAN HTML Langkah awal yang harus dilakukan adalah membuka file html yang telah dibuat ke dalam sigil, dari sigil -> File -> Open, kemudian pilih file HTML yang telah dibuat. Setelah itu pastikan tidak ada kesalahan di dalam dokumen tersebut, hapus spasi yang berlebih serta pastikan gambar sudah pada tempatnya. E. EDIT METADATA Metadata merupakan sebuah informasi yang mendeskripsikan sebuah file. Pada epub, metadata berfungsi seperti identitas pada sebuah buku: judul, nama pengarang, tahun penerbitan, bahasa, ISBN, penerbit, kategori, deskripsi, dll. A) MENGGUNAKAN SIGIL Untuk masuk ke jendela metadata, dari sigil -> Tools -> Metadata editor , atau tekan tombol F8. Setelah itu silahkan masukkan judul (Title), pengarang (author), serta untuk menambahkan properti lainnya seperti penerbit, tahun terbit, dll silahkan tekan tombol add basic, dan kemudian rubah valuenya. Tampilan Metadata Editor Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 241
·  243. Buku Digital B) MENGGUNAKAN CALIBRE Menambahkan informasi meta kedalam e-book Anda akan membantu untuk mengatur ePub file ketika file tersebut dipindahkan dan dibaca pada e-reader.Pilih file yang diinginkan pada Calibre lalu tekan tombol Edit meta information. Sebuah jendela pop-up akan tampil dan Anda dapat mengedit informasi meta tersebut. Jendela Pop-Up untuk memilih fi le HTML pada Calibre Pada tab Metadata, Anda dapat menambahkan atau mengedit informasi yang diperlukan. Pilih tab Look & Feel dan pilih Original pada menu drop-down Text justifi cation dan Linearize tables. Ini akan membantu tampilan pada e-reader. Jendela Pop-Up untuk menyesuaikan tampilan layout ePub Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 242
·  244. Buku Digital F. COVER IMAGE Cover image merupakan halaman sampul dari buku digital kita, halaman sampul biasanya ditampilan di tampilan utama software pembaca buku digital bersama informasi lainnya, seperti judul dan pengarang. Contoh library pembaca buku digital Untuk membuat cover image, anda perlu menyiapkan sebuah file gambar yang akan digunakan sebagai halaman sampul. Jika gambar yang ingin digunakan sebagai sampul sudah terdapat di dalam dokumen HTML, anda dapat menunjuknya sebagai halaman sampul dengan cara: 1. Images -> pilih gambar -> klik kanan -> Add semantics -> Cover Image Atau jika gambar belum tersedia, Anda dapat menambahkan file gambar tersebut dengan cara: Klik kanan images -> add existing files -> pilih gambar. Gambar yang dipilih akan Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 243
·  245. Buku Digital ditambahkan ke dalam folder images, dan sudah dapat digunakan sebagai cover image dengan cara di atas. 2. Tools >> Add Cover >> Tampilan menu tools >> Pada tampilan add cover pilih other files seperti gambar dibawah ini Tampilan jendela pop up add cover Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 244
·  246. Buku Digital Yang terakhir pilih gambar yang anda tentukan sebagai kover pada jendela pop up add existing files kemudin pilih open.seperti gambar dibawah ini Tanpilan jendela pop up add existing files G. DAFTAR ISI Daftar isi merupakan cara utama pengguna melakukan navigasi di dalam dokumen epub. Pengguna dapat langsung membuka bagian dokumen yang ingin dibaca dengan menggunakan daftar isi tanpa harus membuka tiap-tiap halaman, sistem yang mirip dengan hyperlink di halaman web. Sigil memiliki fitur untuk membuat daftar isi secara otomatis, yang perlu dipersiapkan hanyalah menentukan header setiap bab yang ingin dimasukkan di dalam daftar isi. Jika dokumen word yang digunakan telah menggunakan styling, maka dokumen telah terformat secara otomatis, tetapi jika belum, maka pengguna harus menentukan header di sigil. Yang harus dilakukan adalah: Tempatkan cursor di kalimat topik/subtopik -> pilih header Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 245
·  247. Buku Digital Dapat terlihat di gambar kiri, cursor (lingkaran merah) terletak di kalimat Konversi word ke HTML, dan ditetapkan sebagai h2 (header 2, persegi merah), sedangkan isi paragraf di gambar kanan (lingkaran merah) diberikan styling p(paragraf, persegi merah). h1 menandakan topik utama, h2 subtopik, h3 sub-subtopik, dst. Sedangkan p menandakan isi paragraf yang tidak dimasukkan ke dalam daftar isi. Untuk membuat daftar isi di readium cukup dengan masuk ke tools -> table of content -> generate table of content -> OK. H. MEMASUKKAN FILE MULTIMEDIA KE DALAM EPUB Sejak versi 7.0, Sigil telah mendukung import file video dan suara ke dalam dokumen epub. Untuk saat ini format yang telah didukung oleh epub adalah: - Video (mp4, webm) Audio (mp3, wav, ogg) Jika ingin memasukkan video dalam format lainnya ke dalam buku, Anda dapat menggunakan software konversi video, salah satunya adalah dengan menggunakan software gratis, format factory(www.pcfreetime.com). Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 246
·  248. Buku Digital Untuk memasukkan file video/audio cukup dengan menempatkan cursor di tempat yang anda inginkan, ada dua cara : 1. klik kanan -> insert file -> other file -> pilih audio/video yang diinginkan. Maka akan muncul tampilan pemutaran video/audio di jendela editor seperti di bawah. Setelah itu tambahkan sedikit baris kode di dalamnya, taruh kursor di samping video (lingkaran merah), kemudian buka code view. Merubah antara codeview dan bookview Kemudian cari baris dengan sintaks <video controls="controls" src=”xx"></video> Dan tambahkan sintaks berikut sesuai tipe file yang digunakan: MP4: type=”video/mp4” MP3: type=”audio/mp3” Wav: type=”audio/x-wav” Sehingga kode akhirnya menjadi: <video type=”video/mp4” controls="controls" src=”xx"></video> Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 247
·  249. Buku Digital Beberapa epub viewer membutuhkan properti di atas untuk dapat memutar video. Setelah itu pilih file -> save as untuk menyimpan dokumen anda sebagai epub. 2. Klik gambar Klik other file pada tampilan Insert File Tampilan jendela Insert File Pada jendela Add Existing Files pilih video yang anda inginkan Tanpilan Jendela Add Existing File Apabila tampilan sudah seperti gambar dibawah ini berarti add audio atau video anda sudah berhasil. Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 248
·  250. Buku Digital Tampilan file video sudah berhasil disisipkan H. MEMBACA EPUB Terdapat berbagai macam software untuk membaca epub, namun hanya sebagian yang dapat memutar file multimedia, antara lain: - aplikasi desktop -> GHP Reader Android -> Ideal Reader -> install dari google play iOS -> iBooks Google Chrome -> Readium -> install dari chrome store -> beberapa video tidak dapat diputar Tampilan readium, ideal reader (android) dan iBooks (iPhone) Selain itu, beberapa software epubreader yang dapat digunakan, tetapi tidak dapat menampilkan file multimedia adalah: - Aplikasi desktop -> calibre, sigil, azreader, dll Android -> fbReader, iBooks, dl Firefox -> epubreader Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 249
·  251. Buku Digital Tampilan epubreader Semoga tutorial ini dapat membantu teman-teman yang ingin mengembangkan buku digital dengan lebih mudah. I. PUBLIKASI BUKU DIGITAL Publikasi merupakan tahapan berikut setelah berhasil menyusun dan membuat buku digital dalam format epub. Ada beberapa tempat untuk menjual buku digital yang tersedia untuk di indonesia. A. PAPATAKA Papataka memiliki toko online yang menyediakan akses untuk semua jenis buku dalam berbagai bahasa, baik dalam digital book dan Audio Format Buku. Papataka juga menyediakan platform untuk penulis independen untuk mempublikasikan tulisan mereka melalui papataka.com. Papataka menggunakan Adobe berbasis DRM (Digital Rights Management) platform untuk melindungi dan mendistribusikan semua materi kami digital book. Bagi pengembang Papataka berencana mendorong penulis independen untuk mempublikasikan karya mereka dengan membayar penulis independen 50% dan penerbit 60% dari hasil bersih dari penjualan karyakarya mereka. Buku yang di pasarkan di Papataka harga jualnya dapat ditentukan oleh penulis sendiri. Selain itu Papataka juga memberikan 80% dari penjualan bersih untuk penulis dan tidak ada kontrak eklusif dengan penulis. Informasi lebih lengkapnya dapat dilihat di laman Papataka.com [1] dan [2]. B. NULISBUKU Nulisbuku sebagai alternatif pilihan apabila penulis ingin menerbitkan bukunya. Nulisbuku memperkenalkan cara selfpublishing yang dimana penulis juga merangkap tugas sebagai penerbit yang bertanggung jawab penuh atas keseluruhan proses penerbitan bukunya, dari mulai menulis naskah, desain sampul buku dan lay-out naskah, menentukan harga Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 250
·  252. Buku Digital buku, distribusi sampai dengan memasarkan buku. Untuk jenis buku yang diterbitkan oleh nulisbuku menerima semua bentuk naskah, baik berupa puisi, novel, komik, novel grafi s, selama tidak mengandung unsur SARA dan Pornografi . Salah satu keunikan nulisbuku.com adalah penulis dapat menentukan sendiri harga jual bukunya sendiri (tentunya royalti tiap buku juga ditentukan sendiri oleh penulis). Informasi yang lebih lengkap dapat di akses pada laman berikut ini. [3] C. QBACA Platform digital book ini diluncurkan pada November 2012. Qbaca menerapkan format EPUB 3 sebagai format digitalnya. Applikasi pembaca untuk saat ini baru bisa diakses oleh perangkat Android. Informasi selengkapnya dapat diakses pada laman berikut . [4] D. SEA Market Appstore SEA Market Appstore merupakan situs yang menampung aplikasi-aplikasi lokal yang menjadi media perantara bagi para developer dengan konsumen. Aplikasi dapat diakses dengan mengunjungi alamat http://seamarket.seamolec.org. Berikut adalah fi tur-fi tur yang disediakan oleh aplikasi SEA Market Appstore : 1. Account • Sign in & Register (using Facebook or Twitter account) • Sign Out • Recovery Password • View Profi le • Upload Profi le Picture (Avatar) • Change Profi le Banner • Update Profi le Info • Change Password 2. Apps • Upload Apps (Apps, Screenshoot, Info) • Update Apps • View User’s Apps (Store) • View Apps (Recent Apps, Popular Apps) • View Selected Apps • Overview • Detail • Reviews Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 251
·  253. Buku Digital 3. Cart • Related Apps (menunggu konfi rmasi bank untuk sistem pembayaran Online realitime) • Add Selected Apps to Cart • Remove Selected Apps from Cart • View Cart 4. Bookmark (Wishlist) • Bookmark Selected Apps • Remove Selected Apps from Bookmarked Apps • View Bookmarked Apps A. AKUN Akun pada aplikasi SEA Market Appstore dapat didaftarkan dengan mengisikan data pribadi pengguna dan menyertakan alamat email pengguna. Pengguna dapat pula mendaftarkan akunnya dengan bantuan fitur facebook connect maupun twitter connect dalam mempermudah proses registrasi. 1. Login Berikut adalah langkah-langkah dalam melakukan login pada aplikasi SEA Market Appstore: • Abaikan langkah ini jika ingin login menggunakan jejaring sosial. ‘Sign In’ cukup dengan mengklik tombol icon jejaring sosial. • Klik Tombol ‘Sign In’ disebelah atas kanan halaman situs. • Masukan Email dan Password pengguna, centang ‘Keep Logged In’ untuk tetap login. • Klik ‘Sign In’ dalam form untuk melakukan login. Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 252
·  254. Buku Digital 2. Register Berikut adalah langkah-langkah yang digunakan untuk melakukan pendaftaran pada SEA Market Appstore: • Klik Tombol ‘Register’ disebelah atas kanan halaman situs. • Abaikan langkah ini jika ingin login menggunakan jejaring sosial. Register cukup dengan mengklik tombol icon jejaring sosial. • Masukan email, password pengguna dan ketikan kembali password. • Klik ‘Sign Up’ dalam form untuk melakukan pendaftaran. • Verifi kasi pendaftaran akun dengan mengklik alamat yang telah dikirimkan system didalam email. • Jika konfi rmasi berhasil, pada halaman situs akan muncul nama pengguna yang menandakan bahwa pengguna tersebut telah login. 3. Lihat Profi le Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 253
·  255. Buku Digital Halaman pengguna disediakan ketika pengguna tersebut telah melakukan login. Untuk melihat halaman pengguna, cukup dengan mengklik nama pengguna yang bisa ditemukan pada halaman aplikasi atau di atas kanan halaman yang merupakan nama pengguna yang login. Berikut beberapa bagian yang terdapat pada halaman profil pengguna: • Aplikasi terbaru yang diunggah pengguna. • Banner halaman profil. • Tautan yang mengarahkan kepada halaman info dan halaman aplikasi pengguna. • Informasi dasar pengguna. • Kontak pengguna. • Alamat pengguna. 4. Update Profi le Untuk mengubah data profi l pengguna, dapat melakukannya dengan meng-klik kata edit pada panelpanel yang ada pada halaman profil kemudian klik save untuk simpan atau cancel untuk membatalkan perubahan. Terdapat 3 panel informasi pengguna yang dapat diubah, yaitu: • Informasi dasar pengguna. • Kontak pengguna seperti nomor kontak dan email. • Alamat pengguna yang disertai map penunjuk lokasi pengguna. 5. Ganti Foto • Pada halaman profi l, arahkan mouse ke panel foto profi l sehingga muncul kata ‘Change Photo’. Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 254
·  256. Buku Digital • Klik ‘Change Photo’ tersebut untuk menampilkan panel ‘Change Profi le Picture’. • Klik tombol ‘Pilih File’ sehingga menampilkan jendela baru untuk memilih fi le yang ingin diunggah. • Ketika fi le telah dipilih. Sistem otomatis akan mengupload fi le tersebut dan kemudian menjadikannya foto profi l penggunga. File yang diunggah tidak boleh lebih dari 1MB. 6. Ganti Kata Sandi Untuk menjaga keamanan akun pengguna, sistem menyediakan fi tur seperti ubah kata sandi dan lupa kata sandi. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dilakukan untuk mengubah kata sandi pengguna: • Klik panah yang menunjuk kearah bawah di sebelah atas kanan pada halaman situs sehingga memunculkan tampilan seperti pada gambar • Klik opsi ‘Change Password’. • Masukan kata sandi yang lama pada fi eld pertama, kata sandi baru pada fi eld kedua dan ketiga. • Jika kata sandi telah diisi, klik tombol ‘Change Password’ pada form untuk menyimpan perubahan. Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 255
·  257. Buku Digital 7. Logout Logout digunakan untuk keluar aplikasi jika pengguna telah melakukan login. Untuk melakukan logout, pengguna cukup meng-klik panah yang menunjuk kearah bawah di sebelah atas kanan pada halaman situs sehingga memunculkan tampilan seperti pada gambar kemudian klik pilihan ‘Logout’. B. APLIKASI Aplikasi yang diunggah oleh para developer dikategorikan menjadi dua macam antara lain adalah kategori aplikasi dan games. Setiap pengguna dapat menunggah aplikasi mereka dengan terlebih dahulu memiliki akun pada SEA Market Appstore. Pengguna dapat mengunggah aplikasi, screenshoot aplikasi disertai detail dan harga aplikasi tersebut. 1. Upload Aplikasi Berikut adalah langkah-langkah dalam mengunggah aplikasi pada SEA Market Apstore: • Masuk ke halaman unggah aplikasi dengan mengklik navigasi ‘My Apps’ kemudian pilih ‘Upload Apps’. • Untuk mengunggah installer aplikasi, klik tombol ‘Add Files’ pada panel ‘Upload Your Application’. • Untuk mengunggah screenshoot aplikasi, klik tombol ‘Add Files’ pada panel ‘Add Screenshoot’. • Jika telah dipilih, klik start upload untuk memulai upload resource. Navigasi MyApps • Sertakan info dasar seperti nama aplikasi, harga kategori, dan deskripsi. • Klik tombol ‘Submit Apps’ untuk memproses pengunggahan. 2. Update Aplikasi • Masuk ke halaman update aplikasi dengan memilih aplikasi yang ingin diubah dengan menampilkan halaman aplikasi tertuju kemudian klik navigasi ‘Edit Apps’ pada panel sebelah kanan. Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 256
·  258. Buku Digital • Untuk meng-update installer aplikasi, hapus installer yang lama dengan yang mengklik tombol ‘Delete’. Kemudian klik tombol ‘Add Files’ pada panel ‘Upload Your Application’ untuk mengganti installer yang lama. • Untuk meng-update screenshoot aplikasi, klik tombol ‘Add Files’ pada panel ‘Add Screenshoot’ atau jika ada screenshoot yang ingin dihapus, klik tombol ‘Delete’ pada screenshoot yang dituju.. • Jika telah dipilih, klik start upload untuk memulai upload resource. • Sertakan info dasar seperti nama aplikasi, harga, kategori, dan deskripsi. • Klik tombol ‘Save Changes’ untuk menyimpan perubahan. 3. Lihat Halaman Aplikasi Pada halaman utama SEAMarketAppstore, menampilkan berbagai aplikasi yang menampilkan berdasarkan aplikasi terbaru atau aplikasi dengan rate yang tinggi. Pada SEA Market Appstore, halaman aplikasi terbagi menjadi 4 bagian halaman yakni overview, detail, review, dan related apps. Halaman Utama Buku sumber Simulasi Digital versi September 2013 257

Tidak ada komentar:

Posting Komentar